KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi Bisnis

Komunikasi merupakan cara seseorang untuk berinteraksi, tanpa ada nya komunikasi tentu saja orang akan kesulitan dalam berbicara satu sama lain apalagi jika ada kepentingan pribadi, tentu saja kepentingan itu tidak akan tercapai apabila setiap orang tidak dapat berkomunikasi dengan baik . Begitu hal nya dengan komunikasi bisnis, komunikasi bisnis merupakan cara seseorang untuk menyampaikan suatu pesan atau ide kepada lawan bicara nya untuk membuat orang lain tersebut terpengaruh dan menyukai apa yang ditawarkan oleh si penyampai, komunikasi bisnis ini biasanya digunakan ketika acara ‘lobi’ ataupun ketika sedang bertemu klien demi tercapai keuntungan dari bisnis si penyampai pesan.

Komunikasi bisnis sangat dibutuhkan oleh para pebisnis karena jika mereka tidak mampu menguasai bagaimana cara untuk menyampaikan ide pada saat yang tepat, bukan tidak mungkin ide mereka akan ditolak. Kebiasaan para pebisnis dalam melakukan komunikasi yang hebat dan ‘pintar’ mengakibatkan setiap pebisnis rata rata dicap sebagai orang yang ‘bermulut manis’, awalnya saja baik baik belakangan nya justru merugikan.

Komunikasi bisnis sejujurnya sulit dan membutuhkan pengalaman extra bagi sang penyampai, karena yang disampaikan nya merupakan tanggung jawab demi keuntungan perusahaan, mungkin jika tidak berhasil disampaikan bisa bisa justru dipecat perusahaan. Dalam konteks sesungguhnya, komunikasi bisnis mempunyai tujuan sebagai berikut :

Menyelesaikan masalah , dengan mengkomunikasikan masalah bisnis yang baik tentu saja akan berakhir dengan baik, terkadang terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak yang mengakibatkan kesalahan dalam penyampaian.

Pengambilan kebijakan, jika tidak ada nya komunikasi dalam suatu rapat tentang perusahaan, tentu saja tidak ada hasil yang baik serta menguntungkan bagi setiap pihak. Diperlukan penyampaian yang baik demi tercapai nya kepentingan bersama

Memberikan kesan positif bagi yang melihat, tentu saja dengan memberikan penyampaian yang baik, serta terlihat dekat antara satu sama lain akan menumbuhkan kesimpulan di mata orang bahwa perusahaan itu mempunyai bos yang baik serta akur antara satu sama lain.

Memperkuat hubungan bisnis antara satu sama lain, tentu saja dengan ada nya kedekatan antara satu sama lain akan menumbuhkan rasa saling percaya dan sulit untuk berani menikun kawan nya sendiri demi kepentingan pribadi.

Not easy like word, terkadang komunikasi bisnis sulit dilakukan karena alasan grogi, atau malu malu ataupun belum siap dalam menyampaikan suatu ide atau gagasan, hal yang ini menghambat dalam komunikasi yang baik antara perusahaan sehingga menyebabkan terhambatnya suatu kebijakan. Jika Anda malu malu dalam berkomunikasi dengan baik, mungkin tidak salahnya untuk menyimak tips yang ada :

1.Percaya diri , ini hal yang paling utama dalam berkomunikasi karena tanpa ada nya kepercayaan diri serta kemandirian dalam berbicara, sulit bagi orang lain untuk memahami dan masuk ke dalam pikiran si penyampai, karena jika tidak ada nya kepercayaan diri sulit untuk orang lain mengerti maksud dan tujuan dari sang penyampai pesan tersebut.

2.Memahami situasi, hal ini juga penting karena jika Anda sebagai pebisnis atau utusan tidak dapat memahami situasi yang sedang terjadi pada suatu orang atau perusahaan lain, jangan harap Anda dapat diterima apalagi dapat menerima ide serta gagasan Anda, mengurusi urusan interal nya saja sedang sulit bagaimana mau menerima ide Anda? Pahami situasi serta kondisi yang tepat.

3.Menyiapkan bahan dengan matang, tentu saja dengan persiapan yang cukup serta penampilan yang baik akan menambahkan nilai lebih bagi Anda untuk melakukan komunikasi bisnis dengan lawan bicara Anda, tanpa ada nya penampilan dan persiapan yang baik, sulit bagi Anda untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh lawan bicara Anda, persiapkan dengan matang sehingga akan menghasilkan yang terbaik

4.Berdoa, mungkin hal ini terlihat sepele dan biasa saja,, tetapi jangan anggap remeh sehingga Anda melupakan hal yang diinginkan Tuhan. Jika tidak berdoa mungkin biasa saja, tetapi tentu akan sulit manusia untuk menjadi lebih baik, karena semua nya berasal dari yang di atas sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukannya. Serahkan semua permasalahan Anda kepada Tuhan sehingga pasti akan terselesaikan asalkan ada kemauan.

Ketika Anda berusaha semaksimal mungkin, pasti ada jalan untuk mencapai kesuksesan. Kunci dari kesuksesan dalam melakukan komunikasi bisnis adalah sering latihan sehingga Anda pun akan terbiasa dalam melakukan hal ini. Pasti bisa !

(Sumber : http://contohpengertian.com/)

CONTOH KASUS:

1.Contoh Kasus Hak Pekerja

contoh kasus konflik buruh dengan PT Megariamas

Contoh kasus :

Konflik Buruh Dengan PT Megariamas

Sekitar 500 buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Garmen Tekstil dan Sepatu-Gabungan Serikat Buruh Independen (SBGTS-GSBI) PT Megariamas Sentosa, Selasa (23/9) siang ‘menyerbu’ Kantor Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Jakarta Utara di Jl Plumpang Raya, Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Mereka menuntut pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan yang mempekerjakan mereka karena mangkir memberikan tunjangan hari raya (THR).

Ratusan buruh PT Megariamas Sentosa yang berlokasi di Jl Jembatan III Ruko 36 Q, Pluit, Penjaringan, Jakut, datang sekitar pukuk 12.00 WIB. Sebelum ditemui Kasudin Nakertrans Jakut, mereka menggelar orasi yang diwarnai aneka macam poster yang mengecam usaha perusahaan menahan THR mereka. Padahal THR merupakan kewajiban perusahaan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 4/1994 tentang THR.

“Kami menuntut hak kami untuk mendapatkan THR sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan jangan dikarenakan ada konflik internal kami tidak mendapatkan THR, karena setahu kami perusahaan garmen tersebut tidak merugi, bahkan sebaliknya. Jadi kami minta pihak Sudin Nakertrans Jakut bisa memfasilitasi kami,” jelas Abidin, koordinator unjuk rasa ketika berorasi di tengah-tengah rekannya yang didominasi kaum perempuan itu, Selasa (23/9) di depan kantor Sudin Nakertrans Jakut. Sekedar diketahui ratusan buruh perusahaan garmen dengan memproduksi pakaian dalam merek Sorella, Pieree Cardine, Felahcy, dan Young Heart untuk ekspor itu telah berdiri sejak 1989 ini mempekerjakan sekitar 800 karyawan yang mayoritas perempuan.

Demonstrasi ke Kantor Nakertrans bukan yang pertama, sebelumnya ratusan buruh ini juga mengadukan nasibnya karena perusahan bertindak sewenang-wenang pada karyawan. Bahkan ada beberapa buruh yang diberhentikan pihak perusahaan karena dinilai terlalu vokal. Akibatnya, kasus konflik antar buruh dan manajemen dilanjutkan ke Pengadilan Hubungan Industrial. Karena itu, pihak manajemen mengancam tidak akan memberikan THR kepada pekerjanya.

Mengetahui hal tersebut, ratusan buruh PT Megariamas Sentosa mengadu ke kantor Sudin Nakertrans Jakut. Setelah dua jam menggelar orasi di depan halaman Sudin Nakertrans Jakut, bahkan hendak memaksa masuk ke dalam kantor. Akhirnya perwakilan buruh diterima oleh Kasudin Nakertrans, Saut Tambunan di ruang rapat kantornya. Dalam peryataannya di depan para pendemo, Sahut Tambunan berjanji akan menampung aspirasi para pengunjuk rasa dan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. “Pasti kami akan bantu, dan kami siap untuk menjadi fasilitator untuk menyelesaikan masalah ini,” tutur Sahut.

Selain itu, Sahut juga akan memanggil pengusaha agar mau memberikan THR karena itu sudah kewajiban. “Kalau memang perusahaan tersebut mengaku merugi, pihak manajemen wajib melaporkan ke pemerintah dengan bukti konkret,” kata Saut Tambunan kepada beritajakarta.com usai menggelar pertemuan dengan para perwakilan demonstrasi.

Sesuai peraturan, karyawan dengan masa kerja di atas satu tahun berhak menerima THR. Sementara bagi karyawan dengan masa kerja di bawah satu tahun di atas tiga bulan, THR-nya akan diberikan secara proporsional atau diberikan sebesar 3/12X1 bulan gaji. Karyawan yang baru bekerja di bawah tiga bulan bisa daja dapat tergantung dari kebijakan perusahaan.

Saut menambahkan, sejauh ini sudah ada empat perusahaan yang didemo karena mangkir membayar THR. “Sesuai dengan peraturan H-7 seluruh perusahaan sudah harus membayar THR kepada karyawannya. Karena itu, kami upayakan memfasilitasi. Untuk kasus karyawan PT Megariamas Sentosa memang sedang ada sedikit permasalahan sehingga manajemen sengaja menahan THR mereka. Namun, sebenarnya itu tidak boleh dan besok kami upayakan memfasilitasi ke manajemen perusahaan.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk kawasan Jakarta Utara tercatat ada sekitar 3000 badan usaha atau perusahaan di sektor formal. Untuk melakukan monitoring, pihaknya menugaskan 15 personel pengawas dan 10 personel mediator untuk menangani berbagai kasus seperti kecelakaan kerja, pemutusan hubungan kerja, tuntutan upah maupun upah normatif dan THR. “Kami masih kekurangan personel, idealnya ada 150 personel pengawas dan 100 personel mediator,” tandas Saut Tambunan.

sumber: dari google.com (http://202.57.16.35/2008/id/berita_detail.asp?nNewsId=30547)

TANGGAPAN : KOMUNIKASI BISNIS SANGAT DIPERLUKAN DALAM HAL MEMBANGUN KEGIATAN BISNIS

SARAN            : PERLUNYA UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK AGAR TIDAK TERJADI KESALAHAN PAHAMAN DALAM SUATU BISNIS AGAR TIDAK TERJADI MASALAH” BARU DALAM BISNIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s