ANALISIS BENTUK KOMUNIKASI PT SIANTAR TOP TERHADAP PIHAK EKSTERNAL

  1. PROFIL PERUSAHAAN

PT Siantar Top berdiri sejak tahun 1972 bersama pemiliknya Shindo Sumidomo. Perusahaan ini bergerak dibidang penyediaan makanan. Kehadiran PT Siantar Top ke tengah masyarakat diawali di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Saat pertama kali memulai usahanya, pendiri perusahaan tersebut memproduksi produk kerupuk skala industri rumah tangga. Seiring perkembangan perluasan pasar, variasi produk, dan pemenuhan kebutuhan masyarakat kini PT Siantar Top memiliki perusahaan kantor cabang/wilayah dan pabrik di beberapa tempat, di tahun 1996 membuka pabrik di Kota Medan, Sumatera Utara, di Bekasi, Jawa Barat pada tahun 2002, kemudian di Surabaya dan setelah itu membuka pabrik serta pasar penjualan produksi di beberapa negara luar di Asia, Asia Tenggara, Asia Timur, Timur Tengah, Eropa dan Amerika seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Jepang, Hongkong, negara Arab, Kanada, Belanda dan beberapa negara lainnya. Perluasan wilayah pemasaran dan penjualan merupakan tampilan perusahaan yang tidak saja melayani kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia, namun masyarakat di luar negeri sudah menjadi konsumen yang harus tetap dilayani. Di tahun 1996 PT Siantar Top Tbk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

 

     2.   Analisis komunikasi terhadap eksternal

Pendekatan Community, menggagas pemikiran tentang komunalisasi masyarakat dan anggotanya. Sejauh mana pihak korporasi meningkatkan partisipasi dan kemampuan tawar menawar (bargaining power) masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke bawah dengan internalisasi nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat terutama yang butuh untuk dibantu. Komunalisasi memiliki konsekuensi meningkatnya interaksi dengan masyarakat, yang menjadi catatan adalah terdapat kebersamaan kelompok dan masyarakat melalui satu simbol yakni image atau keberadaan korporasi.Perluasan wilayah distribusi dan peningkatan tempat memproduksi sekaligus jumlah produksi barang mengharuskan interaksi dengan masyarakat semakin luas. Saat barang diproduksi dan dihadirkan ke tengah kehidupan masyarakat butuh adanya komunikasi dengan masyarakat, buruh dan karyawan pun adalah bagian dari masyarakat yang dimaksud. Kegiatan promo produk dan sikap kedermawanan perusahaan dapat menjadi alat sekaligus strategi komunikasi dan promosi produk perusahaan kepada masyarakat. Agar perusahaan serta produknya dapat dikenal dan ditanam dalam pemahaman masyarakat, produk dari PT Siantar Top Tbk selama ini dikenal sebagai produk makanan ringan yang harganya terbilang mudah dijangkau oleh masyarakat terutama kelas menengah ke bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s